Bun, Buat Anak Perempuanmu Senang Memakai Jilbab Cukup dengan Cara ini


Foto via ruangmuslimah.com 

Sudah mencoba tapi sering kesusahan bujuk anak pakai jilbab? 

Biasakan mulai dari sekarang anak perempuan bunda menggunakan jilbab, selain terlihat lebih lucu dan juga menjalankan syariat islam sebagai muslimah, jika kesusahan membiasakan pada anak begini trik mudahnya.

Tentunya sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah untuk tunduk dan patuh terhadap syariat dan hukum-hukum Allah, begitu halnya dengan kewajiban menutup aurat bagi seorang muslimah.

Baca juga : Hindari 10 Kebiasaan Pola Asuh Anak, Penyebab Rusaknya Moral Anak

Mengenalkan anak perempuan pada hijab hendaknya di lakukan oleh orang tua sejak usia dini, membiasakannya dengan hijab setiap kali hendak keluar dari rumah sangat baik agar anak terbiasa hingga ia baligh.

Dengan kebiasaan itu maka akan terlahir rasa malu saat ia tidak memakainya, sama seperti pakaian.

Jika tidak menggunakan pakaian tentu mereka akan malu, selain itu juga dapat menumbuhkan kecintaannya pada hijab.

Nah berikut ini akan dibahas lebih jelasnya bagaimana cara kita sebagai orang tua untuk mengajarkan anak berhijab sejak dini, sebagaimana dikutip dari ruangmuslimah.com :

1. Contoh langsung dari bundanya

Jika mengajarkan anak berjilbab, tentu bundanya pun telah berhijab. Secara tidak langsung anak akan mencontoh kapan bundanya memakai dan melepas jilbabnya.

Oleh karena itu berikan contoh nyata kepadanya, saat berada di rumah boleh melepasnya, ketika ada orang lain memakainya, bahkan ketika menjemur pakaian pun memakai jilbab.

Konsisten dengan apa yang diajarkan kepada anaknya harus dilakukan terlebih dahulu oleh bundanya.

2. Biasakan untuk membeli pakaian muslimah atau panjang

Jangan tergiur dengan pakaian yang seksi, cobalah untuk menerapkan pakaian sopan sejak kecil, paling tidak pakaian yang digunakan panjang, sopan dan rapi.

Tidak harus setiap saat mereka berpakaian rapi dan berjilbab, paling tidak ajarkan ia jika hendak bepergian atau keluar rumah untuk memakai pakaian muslimah, panjang, sopan dan rapi dengan jilbabnya.

Baca juga : Curhat Ibunda Zahfran, Beberkan Rahasianya Mendidik Anak jadi Jujur

3. Berikan motivasi dan pujian untuknya

Jangan pelit dengan kata-kata pujian, misalnya ketika anak menggunakan jilbabnya, pujilah jika ia terlihat lebih cantik, anggun, sholehah jika memakai jilbab, bunda makin senang melihatnya cantik seperti ini, berikan juga hadiah untuknya yang sifatnya positif.

Jangan lupa berikan dukungan dan motivasi kepadanya agar mencintai Allah dengan sepenuhnya, salah satunya dengan menutup aurat.

4. Pilihkan model dan bahan jilbab yang nyaman

Ini merupakan hal penting yang harus diketahui oleh para bunda.

Agar anak merasa nyaman ketika mengenakan jilbab, maka pilihlah bahan yang tidak panas, lembut, ringan, mudah menyerap keringat, dan tidak terlalu besar yang penting rambut dan kepalanya tertutup, begitu juga dengan model yang dikenakan.

5. Tempatkan anak pada lingkungan yang mendukung

Lingkungan merupakan salah faktor yang dapat mempengaruhi perilaku dan pergaulan anak.

Maka jangan salah memilihkan tempat yang baik untuk ia belajar bersosialisasi, bergaul dan menuntut ilmu.

Jika ia telah memasuki usia sekolah, pilihkan lembaga yang dapat mendukung tumbuh kembangnya dengan baik, memiliki nilai-nilai keIslaman yang baik, sehingga hal tersebut dapat membantu orang tua dalam mendidik anak sesuai dengan anjuran dan syariat Islam.

Semoga beberapa tips di atas dapat kita terapkan dengan baik dan semoga Allah ‘Azza wa Jalla memberi kemudahan untuk menjadikan anak-anak kita sebagai generasi penerus yang shalih dan shalihah.